Thursday 19 September 2013

8 Tips Paling Efektif Mengatasi Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil


tips yang paling efektif untuk mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil

Pada periode kehamilan, berubahnya postur tubuh yang semakin gemuk adalah satu hal yang wajar. Tetapi pada saat ibu merasa ada hal yang abnormal yang menyebabkan tubuh lemas, nafsu makan berkurang , kesehatan ibu yang semakin buruk dan timbulnya pembengkakan pada kaki, inilah yang harus ibu waspadai, apalagi pembengkakan kaki yang berlebihan, hal ini banyak sekali di keluhkan oleh para ibu hamil.

Perubahan yang terjadi selama kehamilan disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil, saat hamil tubuh kita hanya sedikit memproduksi dan menahan banyak kandungan air. Penimbunan cairan ini terjadi karena kadar garam yang di produksi tubuh terlalu tinggi, sehingga cairan yang berlebihan di dalam tubuh sulit keluar karena  ion-ion natrium yang ada di dalam garam tersebut.

Ibu tidak perlu cemas dengan pembengkakan yang terjadi pada kaki ibu, berikut beberapa tips yang paling efektif untuk mengatasinya :

1. Kurangi Garam

Usahakan kurangi makanan yang banyak mengandung  kadar garam tinggi, karena sifat garam yang menyerap air, sehingga akan membuat kaki ibu semakin bengkak.

2. Jangan Terlalu Lama Berdiri

Terlalu lama berdiri menyebabkan kaki cepat pegal, pegal inilah tanda bahwa aliran darah dan otot kaki mengalami kelelahan, jika pekerjaan ibu memaksakan untuk berdiri dalam waktu lama, cobalah selingi dengan berjalan-jalan sebentar, hal ini dapat membantu melancarkan peredaran darah yang membeku.

3. Posisi kaki di Angkat Saat Tidur

Ibu yang sedang hamil di anjurkan untuk tidur dalam posisi kaki lebih tinggi dari tubuh, hal ini bertujuan untuk mengurangi cairan yang menumpuk di kaki, cukup ganjal dengan bantal supaya kaki bisa lebih itnggi dari kepala dan tubuh ibu.

4. Rajinlah Mengkonsumsi Air Putih 

Meminum air putih sangat baik sekali untuk kesehatan tubuh dan menjaga dari dehidrasi. Begitu pula untuk ibu hamil, air putih dapat membantu mengurangi pembengkakan pada kaki.

5. Jalan Kaki pada Pagi Hari

Usahakan jalan kaki selama 30 menit tanpa alas kaki, hal ini bertujuan untuk melancarkan peredaran darah, rajin berjalan kaki juga membantu mempermudah saat persalinan nanti.

6. Hindari Pemakaian Sepatu Berhak Tinggi

Usahakanlah jangan memakai sepatu yang mempunyai hak tinggi, hal ini sangat membahayakan keselamatan ibu dan buah hati dalam kandungan, misalnya terpeleset, selain itu sepatu berhak tinggi dapat menyebabkan aliran darah membeku dan menimbulkan bengkak pada kaki.

7. Pijat Kaki

Rajinlah melakukan pemijatan ringan pada kaki yang bengkak dengan menggunakan baby oil, dengan memijat dari atas betis sampai paha. Hal ini membantu otot  kaki menjadi rileks sehingga mengurangi pembengkakan.

8. Jagalah Pola Makan

Seimbangkan pola dan menu makanan yang ibu konsumsi, makanlah makanan yang sehat dan bergizi. Hindari makanan asin ya bu..

Tips mengatasi bengkak pada kaki saat hamil di atas adalah cara yang paling efektif untuk ibu lakukan dan terapkan, saat usia kehamilan ibu semakin membesar, usahakanlah untuk selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan, untuk membantu mengetahui perkembangan kesehatan calon buah hati ibu. Semoga bermanfaat ya bu..:) 




Terima kasih Anda telah membaca tentang
Judul: 8 Tips Paling Efektif Mengatasi Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 pembaca
Ditulis Oleh Unknown
Semoga informasi 8 Tips Paling Efektif Mengatasi Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa komentar Anda bila ingin bertanya. Salam Sukses


0 comments:

Post a Comment