Thursday 5 September 2013

6 Cara Paling Ampuh Mencegah dan Mengobati Ruam Popok pada Bayi


pencegahan terjadinya ruam pada bayi

Penggunaan Popok bayi kerap kali menimbulkan ruam di daerah selangkangan si kecil, hal ini terjadi karena adanya gesekan antara popok dengan kulit bayi, popok yang terlalu ketat dan kulit bayi yang sensitif menjadi salah satu penyebab ruam. Seringnya bayi buang air besar ataupun buang air kecil juga sangat mempengaruhi, apalagi bayi yang masih mengkonsumsi ASI, akan lebih sering melakukan buang air. Sehingga bayi merasa tidak nyaman dan rewel.


Berikut Cara Mencegah Terjadinya Ruam pada Bayi :

1. Gantilah Popok Sesering Mungkin

Rajinlah mengganti popok si kecil, karena popok yang basah dan penuh sampai menggantung akan membuat kulit si kecil iritasi dan kemerahan.

2. Pakailah Popok Setelah Kulit si kecil sudah Benar-benar Kering

Hindari penggunaan popok saat kulit si kecil masih basah,apalagi masih ada kotoran yang menempel pada kulitnya, hal ini akan membuat kulitnya iritasi.

3. Hindari Tissu Basah yang Beralkohol

Gunakanlah kapas yang di basahi air hangat untuk membersihkan kotoran dan untuk mengeringkan kulitnya, dan hindari penggunaan tissu basah yang mengandung banyak alkohol karena berbahaya untuk kesehatan kulit si kecil.

4. Pilihlah Popok yang Lembut dan Berdaya Serap Tinggi

Pakailah popok yang teksturnya lembut sehingga si kecil nyaman, kemudian popok yang berdaya serap tinggi agar air pipis yang di keluarkannya cepat terserap dan kulit bayi tetap kering dan membantu mengurangi terjadinya ruam.

5. Pilihlah Popok yang Sesuai dengan Tubuhnya

Pilihlah popok yang ukuranya sesuai dengan tubuh si kecil, jangan terlalu ketat dan terlalu longgar. Biarkan si kecil bergerak bebas tanpa di batasi karena popoknya yang ketat, dan jangan pula terlalu longgar karena air pipis maupun kotorannya  tidak terserap dan membuat si kecil tidak nyaman.

6. Hindari Penggunaan Bedak

Jangan menggunakan bedak pada bagian tubuh yang berlipat, terutama selangkangan bayi, karena hal ini akan membuat ruam semakin parah, dengan taburan bedak yang menempel pada kulit.

Apabila bayi sudah terlanjur mengalami ruam, ikutilah cara-cara berikut untuk mengobati ruam tersebut.

Cara Mengobati ruam:

1. Biarkan Kulit Bayi Bernafas

Apabila bayi mengalami ruam karena popoknya yang basah , hal yang perlu ibu lakukan adalah melepaskan popok dan biarkan kulit si kecil bernafas dan terkena angin.Sehingga kulit bayi akan kering, dan hal ini akan membantu mengurangi kemerhan pada kulitnya.

2. Bersihkan dan keringkan

Bersihkan atau basuh bokong si kecil tetapi jangan menggosok pada bagian yang iritasi karena ruam tersebut, apabila di bersihkan dengan memakai handuk tepuk-tepuklah pada bagian yang basah tersebut, jangan di gosok karena akan membuat perih pada bayi, kemudian keringkan sampai benar-benar kering.

3. Oleskan Krim Khusus

Oleskan krim atau salep khusus pada bagian kulit si kecil yang kemerahan dan iritasi secara merata. Tunggu sampai mulai mengering sebelum di pakaikan popok baru.

4. Gantilah Popok Bayi

Setelah di keringkan, gantilah popok dengan yang baru dan jangan terlalu ketat, karena hal ini akan menyebabkan kulit si kecil lembab dan teriritasi karena gesekan-gesekan dari popok ke kulit bayi.

5. Pilihlah Popok yang Cocok

Apabila si kecil mengalami alergi dengan merk popok tertentu ,gantilah dengan yang baru dan berkualitas, karena tidak semua merk popok atau diapers memiliki bahan yang baik dan cocok untuk semua bayi.

6. Konsultasikan dengan Dokter

Apabila kondisi ruam nya semakin parah, seperti timbul bintik-bintik sampai melepuh dan mengeluarkan nanah, segera konsultasikan ke dokter untuk memeberikan pertolongan pada bayi, dan mintalah rekomendasi merk popok mana yang memiliki kualitas tinggi dan aman untuk di gunakan.

Kulit si kecil memang sangat rentan, oleh karena itu, sebagai ibu yang bijak harus tau bagaimana cara penggunaan Popok Bayi yang benar, agar kulit bayi tetap sehat dan terhindar dari iritasi. Semoga info yang saya berikan bermanfaat  bagi anda semua. Pilihlah Produk Diapers atau Popok yang aman dan berkualitas ya bu, untul info lebih lanjut silahkan hubungi http://www.pricearea.com/harga/bayi-dan-anak/diapers
Terima kasih Anda telah membaca tentang
Judul: 6 Cara Paling Ampuh Mencegah dan Mengobati Ruam Popok pada Bayi
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 pembaca
Ditulis Oleh Unknown
Semoga informasi 6 Cara Paling Ampuh Mencegah dan Mengobati Ruam Popok pada Bayi bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa komentar Anda bila ingin bertanya. Salam Sukses


0 comments:

Post a Comment