Friday 13 September 2013

10 Arti Tangisan Bayi yang Wajib Ibu Ketahui


Arti setiap tangisan bayi

Menangis memang hoby nya si kecil bunda, hee..ups ternyata bukan hoby, mereka menangis karena ada maksud tertentu, mereka ingin menyampaikan sesuatu lewat tangisannya, tetapi setiap tangisannya memiliki arti tersendiri, adakala nya si kecil menangis pelan, sedang bahkan sampai menangis dengan suara keras. Semua itu mereka lakukan hanya ingin menyampaikan keinginannya kepada orang yang ada di sekitarnya. Nah oleh sebab itu kita harus memahami arti setiap tangisannya bun !
Yuk kenali ciri-ciri nya :

1. Lapar

Faktanya apabila bayi menangis sang bunda langsung memberikan ASI atau susu formula lainnya, karena yang bunda tau, sebab si mungil menangis karena ia merasa lapar, untuk bayi yang baru lahir memang mereka akan terus merasa lapar, bunda harus kenali tanda-tanda si kecil lapar. Biasanya si mungil yang imut menggerakan tubuhnya seperti tidak nyaman, menggerakan mulutnya dan mengecapkan bibir, memasukan jarinya ke mulut, dan mencari tangan bunda saat bunda mengusap pipinya (gerak refleks bayi untuk mencari asal makanan).

2. Popok yang Kotor

Si kecil akan sangat sensitif ketika celana atau popoknya kotor karena pipis atau kotorannya. Biasannya ia akan langsung memberitahukan kepada sang bunda dengan menangis, bunda pun bisa mengecek dengan menyentuh popok atau celananya, langsung ganti popok bayi  apabila hal ini terjadi ya bun.

3. Mengantuk

Mungkin sebagian orangtua menganggap bayi itu lebih gampang untuk tertidur, tetapi tidak semua bayi seperti itu, sebagian bayi akan rewel dan menangis sebelum tidur, apalagi jika ia terlalu lelah dan sering menguap. Segeralah bunda memeluk dan mengajaknya ke tempat tidur dan buatlah ia merasa senyaman mungkin dengan menyanyikan lagu yang akan membuatnya lebih tenang dan tertidur.

4. Suhu Udara

Dinginnya udara akan membuat si mungil kedinginan dan akan langsung menangis, apalagi setelah ia selesai mandi dan ketika memakai pakaian, si kecil terbiasa dengan suhu yang hangat sejak dalam kandungan. Apabila hal ini terjadi, peluk dan dekaplah sampai ia merasa hangat dan tenang dan usahakan untuk menjaga temperatur ruangan agar tidak terlalu dingin ataupun terlalu panas.

5. Ingin di Peluk dan di Gendong

Si kecil masih membutuhkan banyak sentuhan dan pelukan dari sang bunda, hal ini sangat penting baginya karena ia akan merasa di sayangi dan di lindungi. Tangisan merupakan cara ia untuk minta di gendong atau pun di peluk. Banyak mitos mengatakan bahwa terlalu sering di dekap dan di gendong, si kecil nantinya menjadi manja. Padahal hal ini kurang tepat, bahkan IMD menganjurkan agar bayi belajar mengenali aroma tubuh bunda.

6. Masalah pada Perut Bayi

Adanya permasalahan pada perut si kecil sering kali membuatnya merengek dan menangis, seperti kolik atau kram perut, ciri-ciri bayi mengalami kolik yaitu rewel serta menangis setelah bunda memberi makan atau menyusuinya dan hal ini dapat menyebabkan bayi menangis dalam waktu lama sampai berjam-jam.

7. Bersendawa

Bersendawa atau gumoh adalah hal yang wajar dan perlu, hal ini terjadi karena adanya udara atau angin yang masuk saat ia menyusu , tetapi apabila angin tidak kunjung keluar, maka sendawa yang terjadi akan menyiksa bayi dan membuat ia semakin tidak nyaman dengan angin yang ada dalam perut, apabila hal ini terjadi cobalah tepuk perlahan punggungnya dan letakan di bahu bunda.

8. Pakaian yang Sempit dan Ketat

Tangisan bisa saja terjadi pada hal-hal kecil, Pakaian bayi yang ketat dan sempit akan membuat si kecil merasa tidak nyaman dan menangis, entah dari celana yang ketat pada bagian pinggangnya, ataupun baju yang berkerah dan berkerut ketat. Bayi akan menangis dan bergerak seolah-olah ingin melepaskan pakaian yang di gunakannya. Maka sang bunda harus mengganti dengan yang lebih nyaman. Anda mencari berbagai koleksi pakaian bayi lengkap, silahkan kunjungi http://www.pricearea.com/result/pakaian+bayi .

9. Tumbuh Gigi

Pada fase ini, si kecil pasti akan merasa tidak nyaman dan kesakitan dengan giginya yang akan tumbuh, biasannya gigi bayi yang akan tumbuh bisa membuat gusi terasa sakit. Si kecil pun akan menangis dan rewel. Hal yang perlu bunda lakukan adalah merasakan gusi si kecil apakah keras atau tidak. jika ia, berarti ia akan tumbuh gigi. Bayi pertama kali tumbuh gigi pada usia 4-7 bulan tetapi bisa juga lebih cepat.

10. Sakit

Jika si kecil menangis terus menerus, hal ini bisa saja tanda kalau si kecil sedang sakit, coba cek suhu badannya, mungkin ia panas atau sedang pusing. Hal ini akan membuatnya tersiksa dan ia akan menangis, tangisan karena sakit biasanya berbeda dengan tangisan biasa. Jika hal ini terjadi Segeralah konsultasikan dengan dokter anak.

Mengenal dan memahami setiap tangisan bayi memang sangat diperlukan, hal ini akan membuat kita semakin mengerti tentang apa yang di inginkan buah hati kita. Jadilah bunda yang sigap dan cermat ya. Jangan lupa selalu pantau perkembangannya ya bun, semoga bermanfaat.






Terima kasih Anda telah membaca tentang
Judul: 10 Arti Tangisan Bayi yang Wajib Ibu Ketahui
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 pembaca
Ditulis Oleh Unknown
Semoga informasi 10 Arti Tangisan Bayi yang Wajib Ibu Ketahui bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa komentar Anda bila ingin bertanya. Salam Sukses


0 comments:

Post a Comment