Tuesday 3 September 2013

9 Tips Memilih Susu Bayi yang Baik dan Tepat

tips memilih susu formula bayi yang baik dan tepat


Manfaat Air Susu Ibu (ASI) memang tidak akan ada tandingannya, dan tidak akan bisa di gantikan dengan zat dan nutrisi yang ada pada susu formula. Tetapi jika memang ibu tidak dapat memberikan air susu nya untuk si kecil karena hal-hal yang memang di anjurkan untuk tidak bisa di berikan kepada bayi, apa boleh buat, maka berikanlah susu formula yang terbaik dan aman untuk di konsumsi si kecil. Sekarang ini banyak sekali jenis dan merk Susu Bayi yang beredar di pasaran. Tetapi tidak semua kandungan yang ada pada  susu formula cocok untuk si kecil. Untuk itu ibu harus pintar memilih susu formula yang tepat.

Berikut beberapa Tips memilih susu formula yang tepat untuk bayi:

1. Kandungan  Gizi Pada Susu

Pilihlah susu yang memiliki kandungan gizi yang lengkap ,terutama zat besi atau iron .Zat besi merupakan mineral penting yang sangat di butuhkan bayi bahkan sejak ada dalam kandungan. Mineral dari Zat besi ini sangat bermanfaat untuk pembentukan Hemoglobin yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh bayi, termasuk pada otak. Asupan oksigen ini akan masuk ke dalam darah sehingga  bayi akan  selalu berenergi dan penuh konsentrasi.

2.  Nilai Ekonomis 

Ini yang harus di perhatikan oleh ibu, pilihlah susu yang berkualitas dan harga yang ekonomis. Susu mahal bukan jaminan bahwa susu itu berkualitas,jangan tergantung pada harga susu si kecil yang mahal.Tetapi jangan juga memilih susu sembarangan tau dengan iming-iming harga yang murah meriah, tetapi tidak melihat  aman atau tidaknya susu tersebut.

3. Sesuaikan dengan Usia Bayi

Ibu harus cermat memilih susu yang sesuai dengan usia si kecil, karena tingkat komposisi ukuran yang di sajikan untuk bayi  pada susu formula di sesuaikan dengan usianya. Jika hal ini tidak di perhatikan, maka akibatnya bayi anda akan mengalami  ketidakcocokan sehingga menimbulkan diare,muntah-muntah dan alergi.

4. Percaya dengan Pilihan sendiri

Jangan terbawa dan langsung percaya dengan rekomendasi orang lain tentang merk susu. Bukan berarti susu yang di konsumsi bayi lain cocok dengan bayi anda. Pilihlah susu yang cocok dan tepat sesuai kebutuhan bayi anda.

5. Jangan Gonta-ganti Merk Susu

pastikan jangan pernah gonta-ganti susu untuk si kecil, karena dampaknya sangat mempengaruhi tumbuh kembangnya,apabila sudah cocok satu merk ,usahakanlah bertahan dengan merk tersebut sampai  anjuran selanjutnya. 

6. Perhatikan Tanggal Kadaluarsa

Apabila membeli susu formula, lihatlah tanggal kadaluarsannya, dan belilah susu yang kemasannya masih bagus dan tidak rusak. Apabila terdapat kerusakan atau kecacatan pada kemasan, segera tukar dengan yang baru dan bagus.

7. Pilih yang di Sukai Si kecil

 Agar si kecil semakin lahap dan semangat mengkonsumsi susu yang anda berikan, pilihlah susu yang sangat disukai si kecil, tetapi jangan lupakan kualitas dan kelengkapan gizinya. Karena tidak semua bayi suka dengan rasa susu formula,apalagi jika bayi sudah di berikan ASI terlebih dahulu, ia akan merasa asing dengan rasa lain selain ASI.

8. Perhatikan Keamanannya

Pastikan merk susu yang akan anda pilih terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat&Makanan) dan tidak mengandung bakteri Enterobacter sakazakii (merk susu ada dalam daftar susu formula yang aman untuk dikonsumsi bayi) 

9. Konsultasikan dengan Dokter

 Apabila ada keluhan pada bayi anda, seperti terserang diare, muntah dan terjadi alergi, segerkanlah periksakan ke dokter untuk segera di tangani, dan mintalah masukan dan saran untuk pemilihan susu yang baik dan berkualitas tinggi, sehingga ibu tidak salah pilih.

Mengenai tips memilih Susu Bayi ini saya rasa cukup lengkap, semoga bermanfaat dan menjadi masukan untuk para orang tua agar lebih cermat lagi memilih nutrisi untuk si kecil tercinta. Karena buah hati anda adalah emas permata yang harus di jaga sebaik-baiknya.  Dan anda tak perlu bingung, banyak toko-toko online yang menyediakan prosuk susu berkualitas. Untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi http://www.pricearea.com/harga/bayi-dan-anak/makanan/.

Terima kasih Anda telah membaca tentang
Judul: 9 Tips Memilih Susu Bayi yang Baik dan Tepat
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 pembaca
Ditulis Oleh Unknown
Semoga informasi 9 Tips Memilih Susu Bayi yang Baik dan Tepat bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa komentar Anda bila ingin bertanya. Salam Sukses


3 comments:

  1. Terima kasih informasinya, sangat bermanfaat.. ohya ternyata lengkap juga produk susu bayi dan makanan untuk anak di sini http://www.pricearea.com/harga/bayi-dan-anak/makanan/

    ReplyDelete
  2. Apakah ada toko online seperti Bilna menjual produk susu bayi ini?

    ReplyDelete