Tuesday 17 September 2013

10 Makanan yang Wajib di Konsumsi Saat Menyusui


makanan yang wajib di konsumsi saat ibu menyusui

ASI(air susu ibu) merupakan ladang nutrisi terbaik yang bunda miliki untuk si kecil tercinta, nutrisi dan gizi di dalam ASI tidak akan ada tandingannya, walaupun dengan susu formula berkualitas tinggi pun. Oleh karena itu untuk tetap bisa mempertahankan kandungan di dalam ASI, bunda wajib juga mendukung asupan yang nantinya akan menjadi gizi untuk si buah hati, karena apapun yang bunda konsumsi sangat menentukan baik atau tidak nya pertumbuhan si kecil.

Berikut ini makanan yang wajib di konsumsi bunda semasa menyusui :

1. Ikan Salmon

kandungan dalam ikan salmon memang tak perlu di ragukan lagi, makanan ini hampir mendekati sempurna kandungan gizi nya, sangat baik pula untuk bunda yang sedang menyusui. Ikan ini sangat kaya akan kandungan Omega 3 nya, bahkan raja dari semua ikan yang mengandung omega 3 dan sangat membantu untuk penyempurnaan otak, saraf serta mata si kecil.

2. Susu Rendah Lemak

Pilihlah susu yang mempunyai rendah lemak ya bun, misalnya yoghurt. Makanan ini sangat di anjurkan karena selain yoghurt kaya dengan protein yang membantu tumbuh kembang si kecil juga mengandung vitamin B dan D serta kandungan kalsium yang sangat baik untuk pembentukan tulangnya.

3. Daging Tanpa Lemak

Carilah daging yang tidak mempunyai lemak atau yang sudah di pisahkan lemaknya, seperti daging sapi yang kaya akan zat besi. Kandungan ini dapat menambah energi sang bunda saat memenuhi tuntutan si kecil, selain itu makanan ini tinggi protein yang bermanfaat untuk kecerdasan sang buah hati.

4. Kacang- kacangan

Banyak sekali jenis kacang-kacangan yang ada di sekitar kita dan mudah di temukan serta sangat baik untuk bunda menyusui, terutama yang berwarna gelap seperti kacang hitam dan kacang merah.

5.  Beras Merah

Setelah melahirkan berat badan bunda naik dan pastinya berusaha untuk menurunkannya, sehingga hal yang di lakukan adalah mengurangi asupan karbohidrat, tetapi hal ini membuat ASI menjadi sedikit dan bunda merasa lesu. Oleh sebab itu makanlah makanan jenis karbohidrat yang sehat seperi beras merah ini.

6. Jeruk

Buah yang satu ini sangat mudah di temukan di mana-mana, ibu menyusui sangat membutuhkan vitamin C dosis tinggi untuk melancarkan ASI, di buat jus juga sangat baik, apalagi di supermarket sekarang di perkaya dengan kalsium sehingga bunda mendapatkan manfaat ganda darinya.

7. Telur

Di dalam telur terdapat 12 vitamin dan mineral yang sangat bagus untuk ibu maupun janin dalam kandungannya. Terlebih lagi bagian kuning telurnya, kandungan kolin dan vitamin D nya  penting untuk menjaga dan membantu pertumbuhan tulang si kecil.

8. Roti dan Bubur Gandum

Kandungan Vitamin E, selenium dan fitonetrium yang ada di dalam gandum sangat baik untuk melindungi sel darah merah dari kerusakan.

9. Sayuran Berwarna Hijau

Sayuran memang jenis makanan yang sangat menyehatkan bagi tubuh, terutama bagi ibu menyusui, kandungan vitamin A nya bermanfaat untuk kesuburan ASI. Bukan hanya untuk ibu menyusui, sayuran sangat baik pula untuk ibu hamil. Banyak sekali jenis sayuran yang sehat, seperti kangkung, bayam dan brokoli.

10. Air

Air merupakan salah satu sumber kehidupan manusia. Sangat bermanfaat juga Bagi ibu yang sedang menyusui, karena mereka cenderung cepat merasa haus dan harus banyak minum, sebab sebagian cairan yang di minum di pakai tubuh untuk memproduksi ASI.

Pada periode ini, bunda wajib mengkonsumsi makanan yang sehat saat menyusui, karena hal ini sangat menunjang kesuburan dan kandungan ASI, nutrisi si kecil pun terpenuhi dan tumbuh menjadi anak yang sehat yang di dambakan semua orangtua, jagalah pola makan dan istirahat yang cukup ya bun supaya tetap kuat dan sehat untuk menjalankan aktivitasnya. Semoga bermanfaat ..:) 
Terima kasih Anda telah membaca tentang
Judul: 10 Makanan yang Wajib di Konsumsi Saat Menyusui
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 pembaca
Ditulis Oleh Unknown
Semoga informasi 10 Makanan yang Wajib di Konsumsi Saat Menyusui bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa komentar Anda bila ingin bertanya. Salam Sukses


0 comments:

Post a Comment