Monday 16 September 2013

4 Tips Praktis Mengatasi Anak yang Kecanduan Gadget

Tips mengatasi anak yang ketergantungan oleh gadget
Di zaman sekarang ini teknologi sangat merajalela, baik di kalangan atas maupun di kalangan menengah dan bawah, baik kalangan tua maupun di kalangan muda. Gadget merupakan salah satu kemajuan teknologi yang sangat melekat dan di kenal, terutama di kalangan anak-anak, coba bunda bertanya kepada anak zaman sekarang, apakah ada anak yang tidak mengenal gadget seperti Smartphone dan Tablet. Pasti semua anak sudah mengenalnya, tidak heran kalau si kecil kecanduan olehnya dan sulit untuk lepas darinya. Tetapi hal ini sangat mempengaruhi perilaku dan pola fikir mereka dan berdampak buruk. Banyak anak yang asik bermain game atau sekedar nonton film di bandingkan dengan memilih bermain dengan teman-temannya di luar.
Pada saat inilah peran bunda sangat di butuhkan, mungkin bunda kebingungan bagaimana cara mengatasi agar anak tidak ketergantungan dengan gadget, Yuk simak tips berikut bund ?

1. Selalu Awasi dan Batasi Penggunaan Gadget

Pengawasan yang ketat dan ikut serta memonitori si kecil untuk memberikan batasan-batasan dalam penggunaan gadget merupakan hal yang harus bunda lakukan. Misalnya, saat sedang makan atau sedang mengisi acara keluaga, buatlah aturan untuk semua anggota keluarga agar tidak menggunakan gadget. Pastikan bunda dan keluaga yang lain konsisten dan mentaati aturan tersebut sehingga sang anak pun ikut mentaatinya. Hal ini sedikit demi sedikit membantu anak untuk mengurangi dan membatasi pengguanaan gadget.

2. Alihkan Perhatian Anak

Usahakan ajak anak dan ajari untuk ikut serta masuk dalam aktivitas fisik di luar rumah, tetapi tetap awasi dan perhatikan siapa dan di mana teman bermainnya agar si kecil tidak salah pilih teman, misalnya bermain petak umpet, bersepeda, memasak, dan kegiatan lainnya yang memancing anak untuk sesaat melupakannya.

3. Usahakanlah Untuk Berdiskusi Dengannya

Anak biasanya senang jika orangtua mereka mengajak cerita dan ngobrol, awalilah dengan bercerita tentang bahaya atau dampak buruk penggunaan gadget yang berlebihan, kemudian awali dengan berdiskusi ringan, apabila anak marah jika bunda mengambil gadget nya usahakan jangan memarahinnya dan berilah pengertian tentang pentingnya bersikap bijak dalam penggunaan gadget.

4. Didikan Orangtua


Orangtua berperan penting dan sangat mempengaruhi perkembangan dan perilaku anak, jangan hanya menyalahkan anak karena keseringan menggunakan gadget, mungkin sebagian dari bunda ada yang lebih tidak bisa lepas dengan gadget, sehingga si kecil pun mencontohnya, tidak sedikit orangtua yang mengenalkan terlebih dahulu tentang gadget kepada anak, bahkan jika ada keluaran baru  orangtua yang lebih dahulu membeli dan mengguankannya.

Tips mengatasi kecanduan gadget terhadap anak di atas usahakanlah untuk di terapkan sedini mungkin, banyak dampak negatif dari penggunaan gadget yang berlebihan, terutama kesehatan otaknya. Lakukanlah pencegahan mulai dari sekarang ya bun, kedisiplinan dari orangtua lah yang paling mempengaruhi. Semoga bermanfaat ya. :)

Terima kasih Anda telah membaca tentang
Judul: 4 Tips Praktis Mengatasi Anak yang Kecanduan Gadget
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 pembaca
Ditulis Oleh Unknown
Semoga informasi 4 Tips Praktis Mengatasi Anak yang Kecanduan Gadget bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa komentar Anda bila ingin bertanya. Salam Sukses


0 comments:

Post a Comment