Wednesday 18 September 2013

10 Tips Ampuh Mengatasi Anak yang Masih Mengompol


mengatasi anak yang masih mengompol

Kebiasaan ngompol merupakan masalah umum yang di alami anak-anak, dan terjadi apabila saat tidur (terutama tidur malam). Anak ngompol seringkali menjadi masalah bagi kebanyakan orangtua karena si kecil kadang menangis dan terbangun saat merasa tidak nyaman dengan celananya yang basah. Padahal hal ini wajar di alami si kecil, tetapi bagaimana apabila anak yang sudah berusia di atas 6 tahun masih mengompol? Yuk kita simak cara mengatasinya !

Mengompol merupakan keadaan di mana anak buang air kecil tanpa di sadarinya saat tidur, hal ini terjadi karena anak belum bisa mengenali alarm saat kandung kemih nya sudah penuh, sedangkan mereka sedang nyeyak tidur. Kapasitas kandung kemih yang masih terbatas juga menjadi salah satu penyebab si anak ngompol.

Berikut hal yang harus bunda lakukan untuk mengatasi agar si kecil tidak mengompol :

1. Biasakan anak untuk minum 30 menit menjelang tidur, setelah itu bawa si kecil ke kamar mandi untuk buang air kecil. Hal ini di upayakan agar kandung kemihnya kosong sehingga saat tidur tidak ada lagi cairan yang harus ia keluarkan(ngompol).

2. Hindari atau kurangi anak untuk meminum minuman yang bersoda, seperti cola, sprite ataupun teh karena soda mengandung bahan perangsang untuk mengeluarkan air seni yang banyak , selain itu minuman ini mengandung kafein yang bersifat diuretik. 

3. Butuh kesabaran dan ketekunan untuk membantu anak supaya tidak ngompol lagi bun, teruslah bimbing dan bantu si kecil untuk mengatasi kebiasaan ini.

4. Jangan memarahinya jika anak ngompol, karena hal ini akan membuat anak semakin terpuruk dan stress.

5. Jangan sekali-kali memaksannya menggunakan popok bayi atau celana plastik seperti bayi. Kecuali pada saat si kecil sedang belajar menahan dan mengatasi ngompolnya.

6. Latihlah anak untuk menahan pipis beberapa saat agar kandung kemihnya semakin kuat, tetapi jangan di tahan terlalu lama karena berbahaya bagi kesehatan kandung kemihnya.

7. Lapisi kasur dengan alas seperti perlak untuk membantu agar air pipisnya tidak membasahi tempat tidur.

8. Tuntunlah agar si anak belajar membersihkan ompolnya sebagai konsekuensi karena ia telah mengompol, hal ini akan membuat anak belajar bertanggungjawab.

9. Apabila anak masih mengompol sampai usia nya di atas 7 tahun, sebaiknya lakukan teknis regresi, yakni mencari tau mungkin ada gangguan psikologis apa yang menyebabkan dan memicu si kecil masih melakukan kebiasaan ngompol tersebut..

10. Berilah hadiah jika si kecil mampu mengatasi dan tidak melakukan kebiasaan mengompol agar semakin semangat untuk merubahnya.

Tips ampuh untuk mengatasi anak yang masih mengompol ini diharapkan bisa bermanfaat bagi bunda.." agar tidak repot lagi saat si kecil terbangun karena celananya basah. Sebetulnya ada tips lain yang mungkin masih menjadi mitos orangtua dulu dan tidak rasional, yaitu menempelkan capung ke puser si kecil agar tidak ngompol lagi, hee.. tapi jangan lakukan ya bun, karena itu hanya mitos belaka.



Terima kasih Anda telah membaca tentang
Judul: 10 Tips Ampuh Mengatasi Anak yang Masih Mengompol
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 pembaca
Ditulis Oleh Unknown
Semoga informasi 10 Tips Ampuh Mengatasi Anak yang Masih Mengompol bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa komentar Anda bila ingin bertanya. Salam Sukses


0 comments:

Post a Comment