Tuesday 13 May 2014

Inilah Waktu yang Tepat untuk Memperkenalkan Gadget Pada Anak


Gadget merupakan salah satu bukti modernisasi, sekarang ini bukan hanya orang dewasa yang menggunakan gadget, tapi anak-anak pun sudah mengenal bahkan mempunyai gadget. Wah, ini perlu diperhatikan ya mom. Apalagi gadget mempunyai pengaruh yang besar bagi perkembangan anak-anak zaman sekarang. Tapi pengaruh yang dihasilkan tidak selalu negatif koq mom. Banyak juga hal-hal dan manfaat yang positif bagi sianak, semua itu tidak terlepas dari pengawasan dan bimbingan kita sebagai orangtua. Tapi perlu di ingat, ada kategori umur yang wajib mom ketahui, jangan sampai gegabah memperkenalkan gadget pada anak dibawah umur.

  • Perkembangan Usia Anak

Dalam pemberian gadget dapat disesuaikan dengan perkembangan usia sianak, pada usia 5 tahun Anda dapat memperkenalkan warna, bentuk dan juga suara.Tentu saja pada usia ini juga Anda harus mampu membatasi pemakaian gadget sehingga fungsinya tetap dapat membantu Anda untuk mengedukasi sianak. Selain itu pertimbangan selanjutnya pada usia 5 tahun perkembangan otak anak sudah optimal apabila diberikan rangsangan sensorik secara langsung, berbeda dengan anak di bawah usia 5 tahun yang diberi gadget akan berdampak berkelanjutan apalagi bila tidak didampingi oleh orang tua sehingga akan berdampak pada kurangnya interaksi dengan lingkungannya.

  • Pentingnya Dampingan Orang Tua

Jika anak sudah siap bermain dengan gadget, sangat disarankan agar orang tua selalu mendampingi anaknya dalam beraktivitas dengan mainan barunya. Sebaiknya, interaksi dengan gadget maupun komputer dilakukan dalam ruang keluarga. Seperti yang dikatakan psikolog Tika Bisono, jangan membiarkan anak-anak menggunakan gadget di kamar mereka. Dengan begitu, orang tua dapat selalu memonitor dan menemani aktivitas anak saat mencoba aplikasi baru. Sebab, tak jarang ada game ber-genre dewasa yang ikut tampil saat anak ingin mengunduh game.

  • Batasi Waktu Bermain Gadget

Batasi waktu bermain anak dengan gadgetnya. Untuk anak usia lima hingga enam tahun, sebaiknya tidak lebih dari setengah jam dan untuk anak usia enam hingga tujuh tahun, tidak lebih dari sejam. Terlalu lama berhadapan dengan layar gadget dapat mengakibatkan kerusakan pada mata anak. Sebagai orang tua, tentu Anda tidak menginginkan anak Anda terlalu cepat menggunakan kaca mata, bukan? Jika perlu, terapkan aturan 20-20-20, yakni setiap 20 menit setelah bermain, alihkan pandangan ke tempat lain selama 20 detik pada jarak 20 kaki.

  • Konten yang Baik dan Mendidik

Perhatikan aplikasi yang sesuai dengan umur anak. Untuk pengguna iPad dan Android kini tersrdia beberapa game edukasi yang bersifat interaktif untuk melatih daya ingat, berpikir, seperti puzzle, menggambar, mewarnai, dan lain sebagainya. Namun tetap dampingi anak dalam memilih game yang dia sukai. Peran Anda sangat dibutuhkan lho..

  • Menunjang Kurikulum


Untuk anak usia sekolah, usahakan penggunaan smartphone atau tablet yang menunjang kegiatan belajar. Dengan aplikasi yang menunjang kurikulum pelajaran, anak dapat lebih bereksplorasi mengenai tata surya, lingkungan alam, dan aplikasi lainnya yang tidak ada di buku sekolah.

Penggunaan gadget sangatlah berpengaruh besar bagi perkembangan anak. Terbukti anak-anak sekarang memang sangat mengikuti zaman, mereka menenteng smartphone kesekolah, bermain tablet dan jenis gadget lainnya. Tapi Anda sebagai orangtua harus jeli pula memilih gadget yang baik dan berkualitas agar dapat menunjang perkembangan sianak. Anda bisa kunjungi elevenia.co.id sebagai toko online yang menyediakan banyak jenis gadget, bukan hanya berkualitas, tetapi ada kejutan promo yang akan membuat Anda tercengang. Itulah beberapa info untuk Anda, semoga bermanfaat yaa.. 





Terima kasih Anda telah membaca tentang
Judul: Inilah Waktu yang Tepat untuk Memperkenalkan Gadget Pada Anak
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 pembaca
Ditulis Oleh Unknown
Semoga informasi Inilah Waktu yang Tepat untuk Memperkenalkan Gadget Pada Anak bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa komentar Anda bila ingin bertanya. Salam Sukses


0 comments:

Post a Comment