Tuesday 6 May 2014

Keajaiban Musik Bagi Ibu Hamil dan Sang Janin


Musik merupakan salah satu seni yang digemari banyak kalangan, baik itu bermain alat musik atau hanya mendengarkan musik. Setiap sel dalam tubuh manusia mempunyai frekuensi  resonansi alami yang idealnya selaras dengan seluruh kesatuannya. 

Bermanfaat Menstimulasi Janin
Sejak usia janin 24 minggu, ia sudah mulai menggunakan indra pendengarannya. Cairan ketuban dijadikan sarana penghantar  gelombang  suara bagi janin. Sehingga rangsangan suara dari sekeliling maupun dari luar rahim dapat di dengarnya.  Berkembang muncul penelitian yang menyebutkan bahwa musik klasik merupakan musik yang tepat untuk menstimulasi janin. Alasannya musik klasik menggunakan ritme yang dapat menstimulasi otak anak. 

Memiliki Kelebihan Khusus
Menurut Dr. Sarah Brewer dalam bukunya Super Baby, bayi yang terbiasa mendengarkan musik sejak dalam kandungan umumnya memiliki kelebihan dalam hal pengertiannya, perilaku sosial, kreativitas dan kekuatannya. Di dalam kandungan, bayi juga nampak bisa menyesuaikan gerakannya dengan musik yang didengarnya.

Bayi dapat Belajar
Menurut Dr. Rene Van de Carr juga, seorang ahli kebidanan dari Harvard, California, dalam bukunya yang berjudul Cara Baru Mendidik Anak Sejak Dalam Kandungan, penelitian menunjukkan bahwa bayi sudah dapat belajar, merasa dan mengetahui perbedaan antara terang dan gelap. Pada saat kandungan berusia 5 bulan, kemampuan bayi untuk merasakan stimulus telah berkembang dengan cukup baik sehingga para orang tua dapat memulai permainan belajar.

Bacaan AL-Qur'an
Tetapi tak hanya musik klasik yang bermanfaat bagi janin, ada yang lebih dahsyat lagi yaitu bacaan Al-Qur'an. Ternyata mendengarkan Al-Qur'an lebih mencerdasan bayi dibandingkan mendengarkan musik klasik. Inilah hasil penelitian terakhir yang dilakukan oleh Dr. Nurhayati dari Malaysia yang mengemukakan hasil penelitian ini dalam sebuah seminar konseling dan psikoterapi Islam. Setiap suara atau sumber bunyi memiliki frekuensi dan panjang gelombang tertentu. Dan ternyata, bacaan Al-Qur’an yang dibaca dengan tartil yang bagus dan sesuai dengan tajwid memiliki frekuensi dan panjang gelombang yang mampu mempengaruhi otak secara positif dan mengembalikan keseimbangan dalam tubuh.

Musik bagi Ibu Hamil
Mendengarkan musik selain bermanfaat bagi janin, ternyata sangat bermanfaat pula bagi ibu hamil lho..Musik membuat ibu hamil relaks. Seseorang yang mendengar musik akan mendapatkan rasa nyaman dan relaks. Itu juga yang dirasakan oleh ibu hamil. Situasi tubuh nyaman dan relaks ini yang akan berpengaruh pada kehamilannya. Bayangkan bila ibu hamil stres, janin ikut stres juga. Pada akhirnya pertumbuhannya akan terganggu. Ini merupakan efek tidak langsung dari mendengar musik saat hamil. Tepat sekali saat musik dikatakan dapat mengurangi tingkat stres atau melepaskan perasaan yang tidak baik. Bahkan bermain alat musik atau ajak janin bernyanyi juga dipercaya sebagai cara yang baik untuk mendorong proses ikatan antara calon ibu dengan calon bayinya.

Wah ternyata musik menghasilkan banyak manfaat ya, bukan hanya keindahan yang diberikan, tetapi rasa nyaman dan damai juga sangat membantu untuk perkembangan sang janin dan membuat ibu hamil lebih relaks. Keajaiban musik bagi janin dan bumil memang luar biasa. Bagi ibu yang sedang hamil, tetap jaga pola makan dan istirahat nya ya. Semoga Anda dan janin tercinta sehat sampai waktunya nanti melahirkan. Boleh juga kunjungi situs elevenia.co.id ya mom  untuk persiapan belanja perlengkapan sikecil dan rumah tangga lainnya. Semoga bermanfaat ya ^_^
Terima kasih Anda telah membaca tentang
Judul: Keajaiban Musik Bagi Ibu Hamil dan Sang Janin
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 pembaca
Ditulis Oleh Unknown
Semoga informasi Keajaiban Musik Bagi Ibu Hamil dan Sang Janin bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa komentar Anda bila ingin bertanya. Salam Sukses


0 comments:

Post a Comment