Monday 5 May 2014

10 Tips Cerdas Perawatan Bayi yang Baru Lahir

Hadirnya sang buah hati ditengah keluarga merupakan hal yang paling membahagiakan. Suasana rumah jadi hangat dengan tangisannya. Tetapi merawat bayi memang bukan pekerjaan mudah, apalagi bagi wanita yang baru pertama kali menjadi seorang ibu. Padahal jika tak dirawat dengan benar dan kebersihannya terjaga, tubuhnya akan rentan akan berbagai penyakit. Sehingga memerlukan perawatan khusus untuk bayi. Oleh karena itu simak tips merawat bayi baru lahir berikut yuk !!

1. Tali Pusat

Perawatan tali pusat pada bayi baru lahir harus diperhatikan betul, sebab daerah ini mudah sekali terkena infeksi. Jika tali pusat yang belum putus tak sengaja terkena air saat bayi dimandikan, keringkan dengan cotton buds atau kasa steril. Jangan bubuhi ramuan apa pun pada pangkal tali pusat. Umumnya, tali pusat akan putus antara 1-2 minggu setelah kelahiran, tapi bisa juga terjadi lebih dini atau lebih lambat.

2. Mata

Perlu dilakukan pemijatan di area sudut mata dengan menggunakan jari yang tak berkuku panjang atau cotton buds yang dibasahi air matang. Pijat lembut dari sudut mata ke bawah dan ke arah hidung, selama 5-10 kali. Lakukan lebih kurang 2 minggu, karena setelah itu, umumnya saluran air mata telah terbuka tetap dan berfungsi. Untuk membersihkan tahi mata, gunakan kapas steril yang dibasahi air matang. Selalu gunakan satu kapas steril untuk tiap mata.

3. Kulit

Kulit manusia harus dibersihkan, karena merupakan "makanan empuk" bagi kuman-kuman kulit. Bayi baru lahir minimal dimandikan sehari sekali karena ia belum tahan dingin. Entah dengan cara berendam di bak mandi atau dilap dengan waslap basah yang sudah diberi sabun bayi. "Pilih yang mengandung Pro Vitamin B5. Ini berguna untuk merawat kesehatan kulit, memberi rasa nyaman, dan menjaga kulit tetap halus," Untuk pemilihan produk yang aman silahkan kunjungi : http://www.pricearea.com/harga/produk-bayi-dan-anak/bath-and-body-care

4. Kulit Kepala

Kerak dikulit kepala bayi seringkali membuat kita jengkel, walopun tidak berbahaya tetapi jika tidak di bersihkan akan menganggu kesehatan dan kebersihan kulit kepalanya. Bersihkan dengan air matang setelah diberi obat dari dokter. Tapi jangan keras-keras karena setelah diberi obat, sebenarnya nanti akan mengelupas dengan sendirinya. Usahakan kulit kepala tetap sejuk dan kering, karena kerak ini akan makin parah jika kulit kepala berkeringat. Jangan kenakan topi pada bayi kecuali jika sangat diperlukan dan lepaskan topi itu setelah bayi Anda berada di dalam rumah atau kendaraan.

5. Rambut

Rambut bayi baru lahir, yang halus, tipis dan seringkali berwarna musa (vellus) sepanjang 1-2 cm itu hanya bertahan 3-4 bulan lalu rontok. Sesudah mengalami rontok rambut, barulah tumbuh rambut baru yang umumnya lebih tebal dan mengikuti pola rambut orangtuanya, jadi, jangan terlalu khawatir jika bayi Anda tidak berambut saat lahir. Untuk menumbuhkan rambut bayi sebenarnya tak perlu sampo. Ia lebih menganjurkan pemakaian daun seledri sebagai perangsang. Tapi, boleh-boleh saja menggunakan sampo khusus bayi dan cukup dua kali seminggu asalkan shamponya aman dan cocok untuk bayi Anda.

6. Hidung

Pada bagian hidung bayi, tidak memerlukan perawatan khusus karena memiliki daya pembersih otomatis. Kalau ada kotoran atau cairan yang keluar dari hidung bayi Anda, cukup dibersihkan saja bagian luarnya dengan tissue atau handuk yang lembut, tidak perlu mengorek ke dalam lubang hidungnya. Jika bayi punya banyak lendir karena pilek sehingga menghambat pernapasan, sedot keluar dengan cara mengisapnya oleh ibu secara lembut atau dengan aspirator hidung bayi. Tutup sebelah lubang hidung dengan jari, lalu isap sebelahnya.

7. Telinga

Seperti halnya hidung, membersihkan telinga bayi juga tidak boleh sampai masuk ke dalam, cukup dibersihkan kotoran yang berasa diluar saja, dengan menggunakan cotton buds dan air hangat supaya kotoran gampang diangkat. Sementara daun telinga dapat dibersihkan tiap kali memandikan bayi. Gunakan cotton buds atau kapas yang dibasahi air hangat. Lakukan secara lembut.

8. Mulut

Penting diketahu, sampai usia satu bulan, mulut dan bibir bayi mudah sekali ditumbuhi jamur candida. Jamur ini berasal dari orang dewasa, terdapat di selaput lendir dan lebih sering dijumpai di vagina. Jika tangan ibu tak bersih setelah memegang vagina, lalu memegang tangan bayi dan bayi memasukkan tangannya ke mulutnya, maka "hinggap"lah jamur candida di mulutnya. Gejalanya tampak dari munculnya busa-busa putih di area bibir dan mulut. Jamur candida bisa diobati dengan obat dari dokter.

9. Kuku

Sejak bayi baru lahir, kuku-kukunya boleh digunting. Memotong kuku bayi dengan segera. Bahkan Anda mungkin perlu untuk memangkas kuku dua kali seminggu atau lebih dalam beberapa minggu pertama setelah kelahiran bayi anda. Jari bayi baru lahir sangat kecil dan kuku tumbuh dengan cepat. Pemangkasan diperlukan untuk menjaga kuku yang cepat tumbuh. Kuku kaki bayi baru lahir tumbuh lebih lambat dari kuku tangan dan harus memerlukan pemangkasan sekali atau dua kali sebulan. Merawat kuku bayi dengan cara yang sederhana yaitu memotongnya dengan menggunakan alat atau gunting kuku khusus bayi.

10. Bokong

Area ini mudah terkena masalah, karena sering berkontak dengan popok basah dan terkena macam-macam iritasi dari bahan kimia serta mikroorganisme penyebab infeksi air kemih/tinja, maupun gesekan dengan popok atau baju. Biasanya akan timbul gatal-gatal dan merah di sekitar bokong.  Jika usaha pencegahan tak berhasil, yang dapat Anda lakukan ialah: http://goo.gl/0bwF6K

Perawatan bayi baru lahir memang membutuhkan keahlian khusus bagi para ibu, memang tidak mudah tetapi jika dilakukan dengan benar maka semuanya akan terasa mudah. Jika Anda masih memerlukan perlengkapan lainnya untuk menunjang berbagai kebutuhan sikecil silahkan kunjungi situs elevenia.co.id. Berbagai perlengkapan bayi dan anak lengkap tersedia. Selamat menjadi ibu yang hebat ya mom. Semoga tips-tips diatas bermanfaat ^^

Terima kasih Anda telah membaca tentang
Judul: 10 Tips Cerdas Perawatan Bayi yang Baru Lahir
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 pembaca
Ditulis Oleh Unknown
Semoga informasi 10 Tips Cerdas Perawatan Bayi yang Baru Lahir bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa komentar Anda bila ingin bertanya. Salam Sukses


0 comments:

Post a Comment