Friday 2 May 2014

6 Tips Cerdas Hemat Belanja Bulanan


Awal bulan merupakan waktu di mana seorang manager rumah tangga mengatur keuangan, dari mulai menghitung pengeluaran bulanan dan pemasukan setiap bulannya. Bukan tidak mungkin dari bulan ke bulan pengeluaran akan semakin bertambah. Dengan naiknya harga-harga sandang pangan, belum lagi jika ada biaya yang harus dikeluarkan mendadak. Oleh karena itu Anda sebagai manager rumah tangga sekaligus ibu yang hebat harus benar-benar cerdas mengatur keuangan keluarga. 

Cara menghemat uang belanja bulanan memang harus di kuasai, terutama bagi Anda yang sudah menikah agar uang tidak habis sebelum gajian berikutnya. Karena boleh percaya boleh tidak, ternyata ada begitu banyak pengeluaran yang sebenarnya tidak terlalu penting yang justru menyedot anggaran cukup besar. Jika ingin hemat belanja bulanan, yuk simak tips-tips berikut .


1. Daftar Belanja

Daftar Belanja
Membuat daftar belanjaan merupkan hal yang paling penting, dengan membuat daftar belanja Anda bisa menghemat pengeluaran karena pengeluaran sudah terinci dan tersusun dengan efektif. Mencatat barang-barang yang penting saja,  dengan begitu Anda bisa menghemat dan belanja pun jadi mengasyikan.






2. Tentukan Tempat Belanja

Supermarket
Belanja bulanan, biasannya dilakukan akhir bulan. Untuk belanja ini, Anda bisa pilih pusat grosir yang terpercaya. Dizaman modern ini, ibu-ibu rumah tangga lebih senang belanja melalui internet, karena mudah dan cepat. Pilihlah online shop yang sekiranya mempunyai kualitas barang yang bagus, harga murah, terpercaya, dan yang paling penting ialah terdapat promo dengan diskon yang kita inginkan, seperti di elevenia.co.id

Uang Pas

3. Bawalah Uang Sesuai Kebutuhan(Uang Pas)

Ketika daftar belanjaan sudah dibuat dan tempat belanja pun sudah ditentukan, jangan lupa untuk memperkirakan harga yang akan dikeluarkan, lalu akumulasikan jumlah belanja Anda. Ini penting, agar kita tidak berlebihan ketika membawa uang saat pergi ke pasar.





4.  Jangan Bawa Anak Saat Belanja Bulanan

Anak-anak
Nampaknya memang spele, namun dampaknya sangat serius pada anggaran belanja kita. Ingat mom, belanja is belanja, bukan jalan-jalan atau cari hiburan. Ikutilah tips yang satu ini, bukan karena kita tidak sayang kepada anak, justru ini menyelamatkan mereka dari dampak buruk suka jajan dan boros. 



5. Pilih Barang Promo yang Berkualitas

Promo
Jangan pernah terjebak pada diskon barang murah, kadang saat belanja para ibu begitu mudah tergiur barang diskon padahal belum tentu barang tersebut bagus dan aman digunakan. Belum tentu juga barang-barang diskon itu sangat dibutuhkan kita, yang akhirnya mubazir dan tidak terpakai. Pilihlah promo yang memang berkualitas.




6.  Disiplin

Disiplin
Baik disiplin anggaran, disiplin waktu dan disiplin tempat belanja. Untuk bisa seperti itu, sejak awal penetapan anggaran belanja perlu diperjelas tujuan utama berbelanja, yaitu fokus belanja bulanan. Bukan rekreasi, piknik atau hiburan. Ini sangat penting untuk menunjang pengeluaran tabungan Anda.




Belanja bulanan merupakan hal yang paling penting untuk menunjang kehidupan selama sebulan penuh, apalagi Anda yang sudah berumah tangga. Banyak sekali kebutuhan yang akan Anda perlukan setiap bualannya. Oleh karena itu jadilah ibu rumah tangga yang cerdas yang bisa mengatur pengeluaran . Anda juga harus mampu menyeimbangakan antara pemasukan dan pengeluaran. Sisihkan uang untuk menabung sebagai simbol yang akan menunjang kehidupan di masa depan Anda dan keluarga.


Terima kasih Anda telah membaca tentang
Judul: 6 Tips Cerdas Hemat Belanja Bulanan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 pembaca
Ditulis Oleh Unknown
Semoga informasi 6 Tips Cerdas Hemat Belanja Bulanan bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa komentar Anda bila ingin bertanya. Salam Sukses


0 comments:

Post a Comment