Friday 25 April 2014

5 Cara Cerdas Memilih Jajanan Sehat untuk Anak


Jajanan anak-anak di sekitar lingkungan sekolah belum tentu bersih dan sehat. Sebanyak 99 persen anak sekolah ternyata memilih jajan di sekolah. Makanan yang tersedia di sekitar sekolah padahal tak selalu layak dikonsumsi. Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan, 40 hingga 44 persen jajanan anak sekolah mengandung bahan berbahaya atau bahan pangan tambahan yang melebihi batas.

Saat  ini, marak pemberitaan di media massa mengenai produsen makanan dan minuman yang menambahkan berbagai zat tambahan demi menarik perhatian anak dan tentunya untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya. Zat tambahan seperti pewarna, pemanis, penyedap rasa, dan pengawet banyak digunakan dalam industri makanan dan minuman. Padahal, begitu banyak bahaya dan dampak yang bisa ditimbulkan jika dikonsumsi secara berlebihan dan tidak tepat.

Ketahui cara-cara membeli pangan yang aman. Dalam modul lima Kunci Keamanan Pangan yang diterbitkan BPOM dijelaskan langkah aman membeli pangan dari bahaya biologis, kimia, dan benda lainnya.

1. Membeli di tempat yang bersih
Misalnya, lokasi penjualan bersih dan terlindung dari sinar matahari, debu, hujan, dan angin. Jangan membeli pangan yang dijual di tempat yang kotor atau ada sampah. Pangan yang dijual diletakkan di atas meja, tak hanya dialasi plastik di lantai atau tanah. Meja untuk makan dan penyajian pangan selalu bersih. Pangan yang disajikan ditutup untuk melindunginya dari pencemaran. Kantin atau alat penjualan dari pedagang keliling bersih, tidak ada serangga dan binatang peliharaan di sekitarnya. Peralatan makan selalu bersih, air pencuci peralatan juga bersih, dan selalu diganti. Serta memiliki fasilitas cuci piring.

2. Membeli dari penjual yang sehat dan bersih
Cara pencegahan dari bahaya biologi pada makanan adalah membiasakan anak membeli makanan dari penjual yang sehat dan bersih, seperti penjual yang tidak telanjang tangan melayani pembeli. Penjual tidak sakit dan bila ada luka, sudah ditutup dengan plester. Kuku dan tangan penjual bersih, juga baju penjual dan perlengkapan lainnya seperti celemek dan tutup kepala harus bersih. Penjual selalu mencuci tangan dengan baik dan teratur. Penjual memegang pangan dengan alat bantu yang bersih (tidak dengan tangan) dan penjual tak melakukan merokok, meludah, makan, memegang rambut, hidung, wajah, atau yang lain.

3. Pilih makanan yang telah dimasak
Pilih makanan berkuah yang disajikan panas. Hindari mengkonsumsi pangan yang terlihat kurang matang.

4. Membeli jajanan yang dipajang baik
Wadah penyimpanannya bersih. Jika memilih sendiri gunakan alat seperti sendok atau penjepit. Pangan yang sudah pernah dipegang-pegang oleh orang lain jangan dibeli.

5. Konsumsi  jajanan secara benar
Buah dan sayuran yang akan dimakan mentah harus dicuci bersih terlebih dahulu. Belilah makanan yang masih panas dan langsung dimakan setelah panasnya hilang. Jangan membeli pangan yang bau dan penampakannya menyimpang misalnya basi atau berlendir. Lalu, belilah minuman yang harusnya dingin tetap dingin. Jangan beli minuman yang dibuat menggunakan air mentah. Jangan membeli minuman yang dicampur es yang kotor.

Anak harus diberikan pengetahuan untuk memilih makanan yang sehat agar mencegah dari bahaya makanan dengan mikrobiologi atau bahan kimia. Orangtua harus mengedukasi anak agar selalu memilih jajanan yang aman,salah satunya adalah dengan membawakan bekal yang dipilih dan disiapkan sendiri oleh orang tua.Orang tua juga dapat menunjukkan kepada anak-anak tempat-tempat yang higienis dan sehat untuk membeli makanan, misalnya di kantin sekolah yang memenuhi syarat kebersihan. 

Membeli jajanan secara online pun terbilang aman lho mom, banyak macam makanan yang dapat mom pilihkan untuk sikecil di elevenia.co.id . Dan jika Anda ingin membuat jajanan atau makanan si kecil buku panduan nya bisa klik di sini http://www.pricearea.com/result/variasi+makanan+sehat+bayi. Silahkan mencoba :)
Terima kasih Anda telah membaca tentang
Judul: 5 Cara Cerdas Memilih Jajanan Sehat untuk Anak
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 pembaca
Ditulis Oleh Unknown
Semoga informasi 5 Cara Cerdas Memilih Jajanan Sehat untuk Anak bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa komentar Anda bila ingin bertanya. Salam Sukses


0 comments:

Post a Comment