Sunday 13 April 2014

9 Tips Cerdas Merawat Rambut Sang Buah Hati

Rambut indah dan sehat tentu idaman setiap orang, tak terkecuali untuk buah hati Anda. Memiliki rambut yang indah dan lebat serta hitam  membuat si kecil terlihat lucu dan cantik. Tentu semua orang tua menginginkan hal yang sama. Tradisi menggunting rambut disebut sebagai salah satu cara yang dipercayai oleh banyak masyarakat, mereka menganggap jika menggunting rambut saat bayi membuat rambut si kecil lebat dan membantu mengurangi kerontokan? Mitos atau fakta ya ? hmm..

Walopun pada dasarnya, lebat atau tidak rambut disebabkan dari keturunan, tetapi ada cara lain agar rambut si kecil lebat dan sehat. Lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki kandungan untuk menyuburkan rambut, begitu pula dengan rambut pada bayi Anda. Perawatan rambut bayi bisa dilakukan sehari hari dengan melakukan keramas, meskipun tidak dianjurkan keramas setiap hari karena rambut bayi tidak kotor seperti anak usia balita yang mulai bergerak aktif dan mungkin terjadinya keringat berlebih di kulit kepalanya.

Selain penggunaan bahan alami seperti lidah buaya, berikut ini beberapa tips supaya rambut buah hati Anda tetap sehat, tebal dan terlihat cantik.

1. Pilih Perawatan Rambut Dengan Tepat
Kulit kepala yang masih tipis dan jaringan yang masih longgar mengakibatkan kulit bayi sensitif terhadap pengaruh langsung yang berhubungan dengan kulit kepala. Pemilihan shampo bayi yang tepat akan mencegah rambut bayi dari kerusakan dan berbagai resiko yang dapat menghambat pertumbuhannya. Penting sekali bagi Anda untuk mengenali jenis dan tipe rambut bayi sehingga dapat memilih shampo yang tepat.

2. Hindari Penggunaan Tutup Kepala Terlalu Lama.
Penggunaan topi atau tutup kepala yang terlalu lama akan membuat kulit kepala sulit untuk bernafas dan akhirnya dapat membuat kulit kepala menjadi berkeringat dan tidak sehat. Kulit kepala yang tidak sehat akan mempengaruhi pertumbuhan rambut bayi serta kesehatan kulit kepalanya.

3.Pilihlah Sisir yang Tepat
Gunakan sisir yang bergigi jarang dan tidak tajam. Pilihkah sisir yang tepat dan hindari berbahan nilon karena berisiko rambut rontok dan mudah patah. Sisiri rambut anak dengan lembut dan hati-hati untuk mencegah rambut rontok. Bersihkan sisir / sikat dari rambut yang tersangkut dan cuci sisir seminggu sekali dengan air hangat yang mengandung sedikit sabun, cuci bersih dan keringkan.

4. Hindari Bahan-bahan Berbahaya
Usahakan selalu mencegah rambut bayi Anda dari berbagai bahan kimia berbahaya seperti penggunaan pewarna, minyak rambut orang dewasa, minyak buatan yang diklaim dapat menyehatkan rambut, dan semua bentuk bahan-bahan yang memang bukan untuk bayi.

5. Konsumsi Makanan Bergizi
Rambut sehat memerlukan asupan gizi. Kurangnya asupan protein dan vitamin dapat membuat rambut rontok, kusam kemerah,berketombe dan rontok. Perbanyak makan-makanan atau sayuran yang berwarna hijau, dan buah-buahan yang mengandung unsur bagi kesehatan rambut dan kulit kepalanya.

6. Menyisir Rambut
Menyisir rambut membantu mengangkat minyak ke permukaan kulit kepala. Jadi, kalau rambut bayi Anda termasuk kering, menyisir rambut adalah salah satu cara untuk mengurangi masalah rambut keringnya. Sebaliknya, kalau rambut bayi Anda termasuk berminyak, sebaiknya tidak terlalu sering menyisir rambutnya.

7. Gunakan Kondisioner
Untuk rambut keriting dan lebat, gunakan kondisioner untuk mengurangi rambut kusut dan memudahkan Bunda saat menyisir rambut si kecil.

8. Jangan Terlalu Sering Keramas
Kelenjar minyak pada kulit kepala bayi belum berfungsi dengan sempurna, sehingga rambut bayi cenderung lebih mudah kering. Karena itu, jangan terlalu sering mencuci rambut bayi Bunda. 

9. Gunting Rambut
Memotong rambut juga berguna agar ujung-ujung rambut tetap sehat,tidak bercabang dan mudah patah. Ternyata memotong rambut saat bayi pun bukan sekedar tabiat atau kebiasaan masyarakat, dan bukan pula mitos. Karena memotong rambut akan membantu menjaga rambut tetap sehat dan tidak bercabang. 

Kunci perawatan rambut yang tepat untuk bayi adalah produk yang lembut, terutama karena kulit dan kulit kepala bayi lebih sensitif daripada kulit dan kulit kepala orang dewasa. Karena itu, gunakanlah produk perawatan rambut bayi untuk menjaga kesehatan dan kebersihan rambut buah hati Anda. Semoga Tips Cerdas Merawat Rambut Buah Hati di atas bermanfaat bagi Anda.






Terima kasih Anda telah membaca tentang
Judul: 9 Tips Cerdas Merawat Rambut Sang Buah Hati
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 pembaca
Ditulis Oleh Unknown
Semoga informasi 9 Tips Cerdas Merawat Rambut Sang Buah Hati bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa komentar Anda bila ingin bertanya. Salam Sukses


0 comments:

Post a Comment