Tuesday 12 November 2013

Tips Jitu Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak

tips menumbuhkan rasa percaya diri pada anak

Kepercayaan diri memang sangat dibutuhkan dalam kepribadian seseorang. Ada baiknya menumbuhkan rasa percaya diri itu dimulai sejak kanak-anak. Ada banyak anak yang tidak memiliki kepercayaan terhadap diri mereka sendiri. Oleh sebab itu disinilah peran orangtua untuk membantu anak agar tumbuh rasa percaya dirinya sehingga anak  mampu berkembang dengan lebih baik. Ada beberapa cara jitu yang dapat dilakukan :

1. Tidak Membandingkan Anak
Janganlah Anda membanding-bandingkan anak Anda sendiri dengan orang lain. Jangankan anak, Anda sendiri mungkin tidak suka dibandingkan dengan orang lain. Hal ini akan menyebabkan anak semakin merasa rendah dihadapan orang tuanya, dan semakin rendah diri. Dia hanya bisa melihat kekurangannya yang selalu diutarakan orang tua dengan membandingkannya dengan orang lain.

2. Membantu Anak untuk Bergaul 
kebanyakan anak yang  tidak memiliki rasa  percaya diri disebabkan karena kurang pergaulan dengan anak-anak yang sebaya dengannya. Karena  dengan bergaul, jiwa sosial sianak akan semakin tinggi. Dengan cara ini diharapkan anak dapat beradaptasi dengan orang lain dengan baik agar tidak menjadi anak yang kuper dan minderan, hal ini akan sangat mempengaruhi kepercayaan dirinya.

3. Pengawasan Orang tua 
Sebagai orang tua, Anda harus berperan aktif dalam mengawasi perkembangan anak. Misalnya saat menonton televisi, ada banyak tayangan yang kurang mendidik untuk anak. Oleh sebab itu Anda harus ikut andil dalam memilih tayangan yang sesuai dan mendidik anak Anda. Dengan mendampingi anak menonton televisi, anak akan merasa diperhatikan dan tidak merasa sendiri.

4. Memilihkan Permainan yang Mendidik
Sebagian besar anak sangat menyukai video game. Apalagi dengan kemajuan teknologi sekarang. Banyak sekali jenis-jenis permainan yang tersedia. Disinilah peran Anda untuk membimbing dan memilihkan video game yang mendidik dan positif.  Selain itu, dengan selalu membimbing anak dan menemaninya saat bermain, Anda akan menjadi lebih dekat dan faham akan perkembangannya.

5.  Mengarahkan Anak Untuk Melakukan Kegiatan Positif
Jika anak mulai kelihatan bosan dan murung, cobalah ajak anak Anda untuk melakukan kegiatan yang mendidik, banyak sekali hal yang mendidik, misalnya dengan mengajarkan anak membereskan tempat tidurnya, melipat baju, dan lain sebagainya. Hal ini akan mengajarkan anak supaya hidup mandiri.

6. Selalu Memberikan Dukungan
Apapun yang dilakukan anak sepanjang hal itu positif Anda wajib mendukungnya. Anda juga bisa mengajaknya melakukan hal yang mereka sukai, misalnya mengajaknya menari, bermain alat musik, bernyanyi dan hal positif lainnya. Hal ini juga bisa sekaligus melatih dan mengasah bakat yang dimiliki anak.

7. Memberikan Pujian atas Hal baik yang Dilakukan Anak
Semua anak tentunya sangat senang jika dipuji, dengan Anda memuji setiap hal-hal baik yang dilakukannya, anak akan merasa lebih semangat lagi untuk melakukan hal baik lainnya. Hal ini juga mampu meningkatkan kepercayaan diri sang anak.

Kepercayaan diri sangatlah penting dalam melakukan berbagai hal dalam kehidupan, semua tergantung pada usaha Anda dalam menumbuhkan rasa percaya diri tersebut. Banyak anak yang bodoh dan malas karena mereka minder dan tidak bergaul.  Peran Anda sebagai orang tua sangatlah dibutuhkan dalam membimbing anak untuk menjadi lebih baik. 

Tips menumbuhkan rasa percaya diri pada anak diatas merupakan cara yang paling jitu, semoga anak-anak Anda menjadi anak yang percaya diri dan pintar. "Terimakasih Sahabat Bunda "


Terima kasih Anda telah membaca tentang
Judul: Tips Jitu Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 pembaca
Ditulis Oleh Unknown
Semoga informasi Tips Jitu Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa komentar Anda bila ingin bertanya. Salam Sukses


0 comments:

Post a Comment