Wednesday 13 November 2013

10 Makanan Sehat Untuk Si Kecil Yang Sedang Sakit

makanan sehat untuk anak yang sedang sakit

Makanan sehat sangatlah penting bagi sibuah hati yang sedang dalam masa pertumbuhan. Tetapi tidak semua jenis makanan bisa Anda berikan kepadanya, apalagi jika si kecil sedang sakit, inilah hal yang paling di khawatirkan oleh seorang ibu. Salah satu faktor utama timbulnya penyakit pada anak adalah pola makan dan jenis makanan yang kurang sehat. Oleh sebab itu Anda harus mengetahui terlebih dahulu makanan sehat untuk buah hati Anda terutama jika sedang sakit.

1.  Sereal dan Biskuit
Kedua makanan ini merupakan jenis makanan yang biasa digunakan untuk diet,  tetapi Anda dapat jadikan makanan ini sebagai sarapan untuk si kecil, sereal dan biskuit memiliki banyak kandungan gizi yang baik bagi kesehatannya. 

2. Telur
Di dalam telur terdapat 12 vitamin dan mineral yang sangat bagus untuk keshetan si kecil, kandungan kolin dan vitamin D nya  penting untuk menjaga dan membantu pertumbuhan tulang si kecil. Banyak cara mengolah makanan ini, jika si kecil bosan dengan telur rebus, Anda dapat memasak telur dengan racikan sendiri. 

3. Makanan Ringan
Timbulnya suatu penyakit diantaranya disebabkan dari makanan yang tidak sehat, contohnya jajanan yang mengandung berbagai zat kimia. Jangan pilih jajanan yang tidak sehat diluaran sana. Ada baiknya Anda buat sendiri olahan jajanan yang disukai si kecil. Dengan begitu si kecil akan terhindar dari makanan atau jajanan yang kurang sehat.

4. Salad Buah
Buah-buahan merupakan sumber gizi yang sehat, apalagi jika dibuat salad yang terdiri dari berbagai macam buah, maka kandungan vitamin, mineral, dan zat besi yang ada didalamnya juga tinggi. Sangat baik untuk si kecil yang sedang sakit, karena dapat membuatnya lebih sehat dan kuat.

5. Susu
Walaupun meminum susu dapat membuat eneg dan mual, tetapi dengan meminum susu mampu meningkatkan energi. Jika si kecil tidak menyukai susu, Anda dapat mengkombinasikan nya dengan makanan lain, misalnya dengan buah-buahan atau makanan ringan lainnya.

6. Variasi Makanan
Saat si kecil sakit biasanya sangat rewel, apalagi soal makanan. Bukan hanya si kecil, orang dewasa saja mungkin akan merasa serba tidak enak walaupun makanan yang dihidangakan mewah dan terlihat lezat. Oleh sebab itu, berikanlah variasi makanan yang mereka sukai, jangan mengulang resep yang sama dalam satu hari. yang terpenting makanan itu sehat dan bergizi.

7. Sayuran
Si kecil harus tetap mengkonsumsi sayuran saat ia sakit, Anda dapat menyajikannya dengan mencampurkan sayuran yang si kecil sukai ke dalam nasi tim.

8. Makanan kaya Protein
Protein sangat dibutuhkan bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, keju dan yoghurt adalah contoh makanan dengan tinggi protein. Anda dapat mencampur parudan keju pada makan siangnya, atau memberikan puding supaya si kecil tambah doyan makan dan akan mempercepat kesembuhannya.

9. Daging
Anda juga dapat memberikan ikan atau daging dengan mencampurkannya pada makanan lain, misalnya pada nasi tim. Carilah daging yang tidak mempunyai lemak atau yang sudah di pisahkan lemaknya, seperti daging sapi yang kaya akan zat besi.  selain itu makanan ini tinggi protein yang bermanfaat untuk kecerdasan sang buah hati.

10. Air
Air merupakan sumber energi yang paling penting,  konsumsi air secukupnya agar si kecil tidak kekurangan cairan(dehidrasi). Hal ini akan membantu mempercepat kesembuhannya.

Mengkonsumsi makanan sehat saat sakit merupakan hal yang paling utama, Anda juga wajib memperhatikan pola makan si kecil,  kesehatan adalah yang paling utama. Jadi jagalah kesehatan si kecil dengan sebaik-baiknya.
Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi ibu indonesia. Terimakasih ! :)



Terima kasih Anda telah membaca tentang
Judul: 10 Makanan Sehat Untuk Si Kecil Yang Sedang Sakit
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 pembaca
Ditulis Oleh Unknown
Semoga informasi 10 Makanan Sehat Untuk Si Kecil Yang Sedang Sakit bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa komentar Anda bila ingin bertanya. Salam Sukses


0 comments:

Post a Comment