Friday 23 August 2013

Cara Jitu Mengatasi Permasalahan Saat Ibu Menyusui

Menyusui bayi kerap kali mendatangkan masalah, terlebih lagi bagi para ibu yang baru pertama kali memiliki bayi. Mulai dari stres sampai tekanan lainnya turut mempengaruhi produktivitas ASI dan masalah seputar menyusui. 

Berikut ini beberapa masalah menyusui dan solusinya:

1. Puting Susu tenggelam
Ada beberapa perempuan yang memiliki puting susu tenggelam. Hal ini biasanya dipengaruhi keturunan. Namun jangan khawatir karena hal ini tidak akan mempengaruhi produktivitas ASI.

Solusi: Usai bersalin, lakukan gerakan menarik puting dengan lembut dan perlahan agar lebih  menonjol. Lakukan kegiatan ini minimal dua kali sehari selama lima menit.

2. Payudara nyeri dan bengkak
Masalah ini biasanya timbul setelah beberapa hari melahirkan. ASI yang dihasilkan ibu lebih banyak dari pada yang diisap bayi sehingga terjadi pembengkakan. Hal ini bisa menyebabkan demam pada ibu.

Solusi : Kurangi rasa nyeri dengan menyusui bayi sesering mungkin atau tanpa dijadwal. Anda juga bisa mengeluarkan ASI menggunakan tangan agar payudara menjadi lunak. Kompres menggunakan lap hangat dan pijat perlahan-lahan untuk mengurangi pembengkakan dan nyeri.

3. Puting Lecet
Cara menyusui dan mengisap bayi yang salah dapat menjadi penyebab puting Anda lecet. Masalah ini biasanya timbul ketika bayi dalam keadaan lapar sehingga mengisap terlalu kuat.

Solusi : Ketika menyusui bayi, pastikan anda menutupi sebagian besar lingkaran di sekitar puting . Hal ini dapat mengurangi tekanan/isapan bayi yang terlalu kuat. Apabila lecet tidak sembuh dalam waktu satu minggu, segera periksakan ke dokter.
Terima kasih Anda telah membaca tentang
Judul: Cara Jitu Mengatasi Permasalahan Saat Ibu Menyusui
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 pembaca
Ditulis Oleh Unknown
Semoga informasi Cara Jitu Mengatasi Permasalahan Saat Ibu Menyusui bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa komentar Anda bila ingin bertanya. Salam Sukses


0 comments:

Post a Comment