Thursday 8 May 2014

8 Tips Memilih Busana Muslim yang Baik untuk Anak

Membelikan si buah hati busana muslim akan mendorong mereka menjadi rajin untuk pergi mengaji dan beribadah. Tetapi kadang bunda bingung dalam memilih busana muslim untuk sikecil, karena bentuk dan ukuran masing-masing anak itu unik dan berbeda satu sama lainnya. Perkembangan baju muslim anak saat ini sangat berkembang pesat. Terbukti dengan makin maraknya baju-baju muslim anak dengan berbagai model yang menawan dan manis yang akan membuat bunda tambah bingung. Nah, supaya bunda tak bingung lagi bagaimana memilih busana muslim yang baik untuk anak, yuk simak dahulu tips-tips nya!

1. Sesuai Keinginan Anak
Cari tahu tentang kesukaan anak misalnya dari warna atau motif yang disukainya. Menggunakan baju dengan warna dan motif yang disukai terbukti mampu membuat anak lebih percaya diri. Jika sulit mengetahui kesukaan mereka, pilihlah baju polos atau baju yang bermotif warna-warni. Ajaklah anak saat berbelanja baju mereka dan tanyakan pendapat mereka. Jangan memaksakan kehendak orangtua pada anak, bimbinglah anak untuk mengutarakan pendapat mereka.

2. Sesuai syar’i
Sesuai syar’i berarti harus menutup aurat dan tidak boleh memperlihatkan bentuk tubuh. Tidak boleh ketat atau berbahan terlalu tripis sehingga terkesan transparan. Jika tidak memenuhi kriteria ini sesungguhnya busana yang dipakai tidak bisa digolongkan sebagai busana muslim. Ajarkan anak sejak dini bahwa busana yang baik adalah busana yang sesuai dengan tuntunan Islam. Selain membimbing mereka, bunda juga sebagai orangtua yang baik wajib memberikan contoh yang baik pula kepada anak.

3.  Bahan 
Pastikan baju yang bunda pilih terbuat dari serat kain alami, seperti katun, karena bahan alami memiliki kemampuan untuk menyerap keringat yang lebih baik daripada bahan sintetis. Bunda harus memastikan kalau baju yang dipiilih akan membuat anak merasa nyaman, aktif bergerak, dan yang paling penting tidak menimbulkan iritasi pada kulit sikecil. Bundapun harus menyesuaikan baju dengan cuaca. Saat musim panas gunakan baju yang bahannya dapat mudah menyerap keringat seperti katun, sedangkan saat musim hujan gunakan bahan yang hangat seperti wol.

4.  Ukuran
Agar tidak membatasi ruang gerak si kecil, bunda harus bijak dalam memilih ukuran bajunya. Ada baiknya memilih baju yang tidak terlalu pas untuk badan sikecil, dalam artian pilihlah baju yang tidak sempit dan sedikit longgar. Tapi jangan memilih baju yang berukuran jauh lebih besar dari badan si kecil.

5. Warna dan Motif
Anak-anak menyukai warna yang cerah, maka pilihlah busana muslim yang berwarna terang namun tidak terlalu mencolok. Sementara untuk motif, pilihlah motif-motif yang mewakili sifat enerjik seperti motif pattern (floral, animal, dan sebagainya), atau bunda juga dapat memilih baju dengan motif gambar kartun kesukaan si kecil.

6. Model
Model baju muslim harus disesuaikan dengan usia si anak. Model baju muslim untuk balita lebih sederhana dan tidak banyak aksesoris yang melekat. Model untuk anak yang lebih besar tentunya dipilihkan baju muslim yang trendi dan gaya dengan gaya baju muslim modern.  Bunda bisa bermain dengan model-model baju yang sedang tren saat ini.  Jangan sampai si kecil terlihat jauh lebih tua dari usia yang sebenarnya hanya karena bunda memilih pakaian dengan model busana yang biasa dipakai oleh orang dewasa. Sesekali bisa memilih model baju dewasa, tapi baju tersebut harus tetap mewakili sifat anak kecil yang polos dan ceria.

7. Aksesoris
Pilihlah baju muslim yang memiliki aksesoris yang simple, hindari menggunakan baju muslim modern dengan aksesoris berlebihan, karena akan mengganggu kenyamanan sikecil. Selain itu juga aksesoris yang berlebihan memicu bahaya bagi sikecil , terutama anak dengan usia dibawah 3 tahun, bisa saja aksesoris seperti manik – manik tersebut lepas dan termakan olehnya.

8.  Sesuaikan dengan Acara
Pastikan buah hati bunda memakai pakaian yang tepat saat menghadiri suatu acara. Misalkan untuk ke pesta, Bunda dapat memilihkan dress muslim untuk anak perempuan, Sementara jika hanya sekedar jalan-jalan ke mall,  mungkin bunda bisa pakaikan busana muslim yang simple. Namun apapun acaranya, pastikan si buah hati nyaman dengan pakaian yang mereka gunakan.

Ternyata memilih busana muslim anak susah-susah gampang ya, Hal terpenting yang harus bunda ingat adalah utamakan kenyamanan sikecil saat menggunakan busana yang bunda pilih. Jangan sampai baju yang bunda belikan hanya terpakai sekali saja, karena sikecil merasa tidak nyaman menggunakan baju tersebut. Nah bagi bunda yang sedang mencari baju yang cocok untuk sikecil, banyak pilihan model baju muslim anak perempuan maupun busana untuk anak laki-laki dengan berbagai model dan motif yang lucu-lucu, harga terjangkau, dan tentunya dengan bahan yang akan membuat si kecil merasa nyaman saat menggunakannya. yuk kunjungi elevenia.co.id.
Terima kasih Anda telah membaca tentang
Judul: 8 Tips Memilih Busana Muslim yang Baik untuk Anak
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 pembaca
Ditulis Oleh Unknown
Semoga informasi 8 Tips Memilih Busana Muslim yang Baik untuk Anak bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa komentar Anda bila ingin bertanya. Salam Sukses


0 comments:

Post a Comment