Thursday 22 May 2014

9 Cara Cerdas Agar Anak Gemar Membaca

Buku adalah jendela dunia. Maka, membaca buku perlu dijadikan salah satu kegiatan wajib yang dilakukan anak Indonesia sekaligus orangtua dengan mebgjarkan dan membiasakan kepada anak sejak usia dini. Sayangnya, karena berbagai alasan apalagi  zaman sekarang marak sekali gadget, banyak anak tidak suka membaca. Padahal membaca memberi banyak manfaat untuk anak. Paling tidak, saat ia memasuki bangku pendidikan yang lebih tinggi, anak tak akan mengalami kesulitan beradaptasi dengan bahan bacaan yang banyak. 

Sebagai orangtua, kita seharusnya punya trik untuk membiasakan anak-anak kita gemar membaca buku. yuk buatlah kegiatan membaca menjadi lebih menyenangkan dengan sikecil tercinta. Tentunya dengan tips dan trik berikut :

1. Bebaskan anak untuk memilih buku yang disukai

Bila anak belum bisa membaca, berilah kebebasan pada anak untuk memilih  sendiri buku apa yang dia suka untuk dibacakan, ini adalah salah satu kiat untuk menjadikan anak suka buku. Biarkan anak-anak memilih buku yang mungkin menurut kita kacangan atau kurang bermutu, biarkan mereka memilih buku yang sama berulang-ulang dan ingin dibacakan berulang-ulang pula (walaupun kita yang membacanya  sampe bosan setengah mati tapi tak mengapa), yang penting anak-anak menyadari bahwa kita menghormati mereka sehingga mereka merasa nyaman dan juga menikmatinya.

2. Ciptakan tempat yang nyaman untuk membaca.

Kita bisa menanyakan ke anak kita tentang suasana yang diinginkan ketika dia membaca. Apakah dia suka duduk santai di sofa empuk, duduk di karpet, atau bahkan di taman belakang. Segera kondisikan tempat yang nyaman untuknya. Jika dia suka membaca di kamarnya, pastikan pencahayaan di dalam ruangan bagus untuk membaca.

3. Bicarakan tentang sampul buku

Anak biasanya akan memilih buku dengan desain sampul yang menarik dan lucu. Sebelum mulai membukanya, ajak mereka untuk menebak-nebak isi buku dari penampilan sampulnya. Siapa saja tokoh yang akan ada dalam cerita, kira-kira buku tersebut bercerita tentang apa, dan seterunya. Hal ini bagus untuk membangun imajinasi anak-anak kita.

4. Manfaatkan fasilitas yang ada

Gunakanlah fasilitas yang mendukung cerita, seperti nikmati setiap gambar pada buku cerita tersebut. Anak akan lebih mudah mendapatkan pemahaman dengan bantuan gambar. unjukkan gambar-gambar menarik ketika membacakan buku cerita. Gambar tidak hanya membuat anak lebih terpaku pada isi buku, tetapi juga membantu mereka untuk lebih memahami perilaku tokoh-tokohnya, dan jalan ceritanya.

5. Ciptakan kegembiraan

Sering menonton film asing, dimana sang tokoh membacakan dongeng dengan mengubah intonasi suara yang berbeda untuk setiap karakternya? Sesekali lakukan hal ini untuk menambah ketertarikan anak saat membaca buku. Pastikan Anda tidak membacanya terlalu cepat agar mereka bisa memahami isi cerita Anda.

6. Ceritakan pesan moral yang terkandung dalam cerita tersebut

Setelah membacakan buku, ceritakan kembali pesan moral dalam cerita tersebut. Beri penekanan pada kata-kata penting yang bisa bermanfaat untuk mereka. Berikan nilai-nilai yang baik untuk dilakukan ataupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan berkaitan dengan isi buku tersebut.

7. Pancing sifat kritis anak

Setelah selesai membaca buku, berikan beberapa pertanyaan seperti, “Tokoh mana yang paling kamu sukai?” atau, “Cerita mana yang nggak kamu suka?”, dan lain sebagainya.

8. Berilah pujian kepada anak

Berikanlah pujian kepada anak Anda yang telah berusaha untuk membaca. Biarkan ia tahu apa kesalahannya saat membaca. Dengan begitu, ia akan semakin sempurna dalam membaca. 

9. Beri contoh dengan rajin membaca

Ini yang amat penting agar anak suka membaca ialah orangtua juga harus rajin membaca, anak-anak adalah peniru yang baik, mereka akan meniru apa yang biasa dilakukan orangtuanya, jadi bila ingin anak gemar membaca maka tunjukanlah bahwa anda sebagai orangtua juga adalah pembaca yang baik, baik buku maupun media cetak lainnya. Pendeknya, orangtua harus memperlihatkan kalau membaca itu adalah kegiatan yang  mengasyikkan! dengan demikian kita berharap anak kita memfotocopy perilaku ini  dan mereka juga jadi suka membaca.

Membaca buku memang hal yang sangat penting dibiasakan untuk putra putri kita. Sekian tips dan trik yang bisa Anda lakukan agar sikecil gemar membaca, tapi tetap bimbing anak untuk memilih buku yang memang cocok untuk seumurannya. Anda bisa kunjungi elevenia.co.id sebagai referensi toko online yang menyediakan berbagai buku untuk anak dan buku lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat ya ^_^
Terima kasih Anda telah membaca tentang
Judul: 9 Cara Cerdas Agar Anak Gemar Membaca
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 pembaca
Ditulis Oleh Unknown
Semoga informasi 9 Cara Cerdas Agar Anak Gemar Membaca bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa komentar Anda bila ingin bertanya. Salam Sukses


0 comments:

Post a Comment